Advertisement

Harga Sony Xperia XA, Ponsel 4 Jutaan Berbezel Tipis

Harga Sony Xperia XA – Smartphone Android buatan Sony masih tetap bertaji walaupun digempur smartphone murah buatan Lenovo, Xiaomi, maupun vendor asal China lainnya. Nah untuk memperkuat lini smartphone di kelas menengah kebawah, belum lama ini Sony merilis smartphone bernama “Sony Xperia XA“. Ponsel pintar ini merupakan salah satu seri smartphone yang diperkenalkan pada ajang MWC 2016 yang berlangsung di Barcelona. Menariknya, Xperia XA memiliki desain tak kalah keren dibandingkan Xperia X dan Xperia X Performance. Begitu pula dengan spesifikasinya, karena sama-sama powerfull dan bertenaga.

Smartphone ini menjadi yang termurah diantara ketiga seri Xperia X. Pasalnya dapur pacunya masih memakai processor bautan Mediatek yang dipadukan Ram 2GB. Walaupun begitu, ponsel ini tetap menawarkan performa sangat cepat, karena mengadopsi processor Octa Core dengan clock speed yang tinggi, serta didukung sistem operasi Android Marshmallow. Sayangnya Sony tak membekalinya dengan fitur fingerprint sensor dan teknologi anti air agar harga Sony Xperia XA bisa dibanderol lebih terjangkau. Lalu berapa sebenarnya harganya ?, mari kita simak ulasan Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Spesifikasi Sony Xperia XA

Bodi
  • Dimensi : 143.6 x 66.8 x 7.9 mm
  • Berat : 137.4 gram
  • Layar : 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Protection : Scratch-resistant glass
  • Fitur : Mobil Bravia Engine 2
Dapur Pacu
  • Memori : 16 GB microSD, up to 200 GB
  • Ram : 2 GB
  • OS : Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset : Mediatek MT6755 Helio P10
  • CPU : Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU : Mali-T860MP2
  • Sensor : Accelerometer, proximity, compass
Konektivitas
  • Sim Card : Single Sim / Dual Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Nirkabel : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, NFC
  • Navigasi : A-GPS, GLONASS
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
Kamera
  • Kamera Utama: 13 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Sekunder : 8 MP, 1/4″ sensor size, autofocus, 1080p, HDR
  • Video : Full HD 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2300 mAh
Fitur
  • Active noise cancellation with dedicated mic
  • Mobile BRAVIA engine 2, Super Vivid mode
  • Clear Audio+
Note : Spesifikasi Sony Xperia XA diatas dapat berubah sewaktu-waktu

Review Sony Xperia XA

Review Sony Xperia XA

Review Sony Xperia XA

Sony Xperia XA merupakan versi termurah dari keluarga Sony Xperia X Series yang dirilis pada ajang MWC 2016. Walaupun harganya jauh lebih murah, namun ponsel ini tetap menawarkan berbagai kelebihan yang tak dimiliki ponsel sekelasnya. Nah salah satu kelebihan utama Sony Xperai XA adalah memiliki layar berukuran 5 inci dengan bezel layar sangat tipis, karena rasio layarnya mencapai 71.8% sehingga menghasilkan tepian begitu tipis, hingga hampir tak terlihat pembatas layar dengan bodi smartphone ini. Sayangnya resolusinya belum Full HD, dan masih memakai layar HD 720 x 1280 pixels

Advertisement

Layar tersebut memakai panel layar sentuh bertipe IPS (In-Plane Switching) yang memiliki kepadatan layar 294 ppi dan didukung teknologi mobile bravia engine 2 untuk mempertajam dan memperjernih konten visual yang sobat jalankan. Tak ketinggalan lapisan Scratch-resistant glass akan melindungi layar Xperia XA dari goresan benda tajam. Kemudian untuk desainnya, ponsel ini memiliki ukuran dimensi 143.6 x 66.8 x 7.9 mm dan bobotnya hanya 137.4 gram, sehingga smartphone ini akan terasa sangat nyaman ketika sobat pegang dengan satu ataupun dua tangan.

Desain ponsel ini tak jauh berbeda dari Sony Xperia X dan Xperia X Performance, namun kemungkinan ponsel ini memakai material yang berbeda, sehingga harga Sony Xperia XA bisa dibanderol lebih terjangkau. Selain itu, dapur pacunya juga lebih rendah agar bisa menekan harga jualnya. Dimana sobat hanya mendapatkan chipset Mediatek MT6755 Helio P10 yang didalamnya mengusung processor Octa Core 2.0 Ghz Cortex-A53 beserta pengolahan grafis bertipe Mali-T860MP2. Selain itu, terpasang pula Ram sebesar 2GB yang berjala pada sistem operasi Android Marshmallow.Sony Xperia XA

Walaupun harga Sony Xperia XA jauh lebih murah, akan tetapi performanya tak bisa sobat droidchanel remehkan, karena chipset Mediatek Helio P10 merupakan salah satu chipset menengah dengan performa terbaik saat ini. Bahkan apabila kita bandingkan dengan chipset Mediatek MT6752 yang dipakai Xperia C5 Ultra akan ada perbedaan cukup signifikan. Kemudian untuk bagian memori, sudah tersedia memori bawaan sebesar 16GB dan didukung penyimpanan eketernal mencapai 200GB, jadi tak perlu bingung-bingung ketika menginstal game ataupun aplikasi Android.

Advertisement

Kamera beresolusi 13 Megapixel yang diperkuat oleh sensor Sony Exmor RS berukuran 1/3″ akan mengoptimalkan kehebatan kamera Sony Xperia XA dalam mengambil foto dan merekam video pada berbagai kondisi cayaha. Selain itu, Sony juga menyediakan teknologi phase detection autofocus untuk memaksimalkan ketajaman kamera dan mempercepat pengambilan autofocus sebuah objek yang sobat bidik. Lalu untuk masalah pencahayaan ketika mengambil foto di kondisi low light, sudah terpasang lampu led flash di sisi belakang Sony Xperia XA.

Kamera depan smartphone ini juga tak kalah menarik, karena memiliki resolusi 8 Megapixel dan sensor berukuran 1/4″ yang didukung fitur Wide Angle dan autofocus. Alhasil sobat droidchanel bisa bebas befoto selfie dengan hasil foto memuaskan yang pastiny akan terlihat begitu tajam dan jernih. Selain itu, kedua kamera smartphone ini juga bisa mengabadikan video hingga resolusi Full HD 1080p@30fps, jadi semua momen bisa sobat abadikan dengan hasil gambar lebih sempurna. Sayangnya sobat harus menghemat daya baterai saat berfoto selfie, karena hanya tertanam baterai berkapaitas 2.300 mah.

Smartphone yang dipasarkan dalam balutan warna White, Graphite Black, Lime Gold, dan Rose Gold tersebut, juga membawa teknologi 4G LTE Category 4 dengan kecepatan 150 mbps. Selain itu, Sony juga memasarkannya dalam varian Single Sim dan Dual Sim, sehingga otomatis harga Sony Xperia XA akan bergantung dari konektivitas yang diusungnya. Tak hanya itu, smartphone ini juga dibekali fitur NFC, Wi-Fi, GPS, dan port microUSB 2.0. Sayangnya tak ada fitur figerprint sensor, jadi wajar apabila harga Sony Xperia XA dibanderol kurang dari 5 Juta Rupiah.

Advertisement

Harga Sony Xperia XA

Harga Sony Xperia XA

Harga Sony Xperia XA Terbaru

Harga Sony Xperia XA Single
Harga Sony Xperia XA Dual
Baca Juga :  Daftar Harga HP Sony Android

Sampai saat ini belum ada kabar mengenai perilisan smartphone ini di Indonesia, jadi sobat harus bersabar untuk mengetahui harga Sony Xperia XA secara resmi di negera kita tercinta. Namun kabarnya pihak Sony sudah mulai memasarkannya di wilayah inggris dengan harga GBP 249 atau setar Rp 4,6 jutaan. Harga Sony Xperia XA yang kami lansir dari gsmarena.com tersebut, masih bisa berubah saat smartphone ini dirilis di Indonesia, jadi untuk memastikannya mari kita menunggu dengan sabar sampai ada kabar resmi dari pihak Sony Indonesia.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X Performance

Melihat harga Sony Xperia XA di inggris, kemungkinan harganya tak akan jauh berbeda dengan harga di Indonesia, karena smartphone ini akan ditempatkan di kelas menengah, atau bisa dikatakan akan bersaing melawan Sony Xperia C5 Ultra yang sama-sama mengusung desain layar berbezel tipis. Namun melihat spesifikasi dapur pacunya, sudah pasti Xperia XA akan memiliki performa satu tingkat lebih cepat, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif bagi sobat droidchanel.com yang mencari smartphone dengan harga kurang dari 5 Juta Rupiah.

Advertisement