Advertisement

Harga Oppo A31 : Smartphone 4G LTE Bertenaga Quad Core

Harga Oppo A31 – Smartphone Android dari Oppo menjadi salah satu produk paling diminati di Indonesia. Vendor smartphone asal Tiongkok tersebut berhasil membujuk pencinta gadget dengan produk berkualitas yang sebenarnya dibanderol cukup mahal dibandingkan vendor lain asal Tiongkok. Namun tak selamanya smartphone Oppo dibanderol mahal, karena belum lama ini mereka merilis Oppo A31 yang dibanderol cukup murah, dan sudah membawa teknologi canggih didalamnya.

Tak ingin kalah dari Lenovo A6000 dan  Xiaomi Redmi 2, Oppo merilis A31 dengan membawa teknologi 4G LTE yang di padukan processor canggih berteknologi 64 Bit. Chipset yang digunakan adalah Chipset Qualcomm Snapdargon 410 yang ditambah Ram berukuran 1GB, dan pengolahan grafis Adreno 306, agar peformanya dapat menyaingi smartphone Android buatan Lenovo dan Xiaomi yang sukses menguasai pasar menengah kebawah saat ini.

Spesifikasi Dan Harga Oppo A31

Oppo A31

Oppo A31

Spesifikasi Oppo A31

  • Dimensi : 131.9 x 65.5 x 8 mm / 135 g
  • Kartu Sim : Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan : TD-SCDMA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Tipe Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran Layar : 4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
  • Memory Internal : 8 GB
  • Memory Ekternal : microSD maksimum 128 GB
  • Ukuran Ram : 1 GB
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot, Display, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, A-GPS, MicroUSB 2.0
  • Sistem Operasi : Android OS, v4.4 (KitKat)
  • Processor : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core1.2 Cortex-A53
  • GPU : Adreno 306
  • Kamera Utama : 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging,=
  • Perekam Video : 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Kapasitas Baterai : Li-Ion 2000 mAh

Harga Oppo A31 yang dibanderol tak berbeda jauh dari kedua smartphone tersebut, juga menawarkan sistem operasi Android Kitkat yang dipadukan user interface ColorOS 2.0. Sebenarnya sistem operasinya cukup tertinggal, karena sudah banyak smartphone serupa yang mengadopsi OS Android Lollipop. Untungnya fitur dan tampilan yang dimiliki ColorOS 2.0 lebih baik dari Android Lollipop standard, dan kemungkinan besar ponsel ini juga mendapatkan upgrade system ke Android Lollipop dikemudian hari.

Advertisement

Hadirnya teknologi 4G LTE pada smartphone murah buatan Oppo memang menjadi daya tarik tersendiri, karean selama ini baru smartphone Oppo R5 dan Oppo Find 7 yang dibekali teknologi 4G LTE, dan untuk harganya melebihi 6 Juta Rupiah. Sayangnya jaringan 4G LTE milik Oppo A31 untuk sementara ini belum mendukung frekuensi LTE di Indonesia, jadi jangan terlalu berharap kemampuan LTE-nya bisa kita jajal di Indonesia. Terkecuali Oppo merilis versi global A31 karena untuk sementara ini hanya dipasarkan untuk pasar China.

Masih ada kelemahan Oppo A31 yang lain, yaitu layar yang belum beresolusi HD. Ponsel ini hanya membawa layar IPS berukuran 4.5 inch dengan resolusi 480 x 854 pixels, jadi kerapatan pixelnya jauh dibawah Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2 yang mengadopsi layar HD 720p. Kelemahan pada sektor layar, akan di obati oleh kelebihan dari segi desain, karena smartphone ini didesain elegan dengan body metal yang bagian depan dan belakangnya dilapisi kaca.

Bentuknya juga sangat tipis dengan ketebalan sebesar 8 mm, dan didukung bobot ringan sebesar 135 g. Sehingga terlihat cukup mewah, padahal harga Oppo A31 dibanderol cukup murah. Selain itu desainnya juga terasa nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan, karena layarnya tak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Kemudian untuk sektor memory, sudah disediakan memory internal sebesar 8 GB, dan dapat kita tambahkan microSD mencapai 128 GB.

Advertisement

Desain indah yang dipadukan peforma processor 64 Bit memberika nilai postif bagi ponsel ini. Sementara untuk dukungan konektivitas yang lainnya, sudah ada Bluetooth V4.0, dan MicroUSB sebagai fitur berbagai data, sedangkan konektivitas nirkabelnya mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dengan fitur Wi-Fi hotspot, dan Wi-Fi Display. Tak ketinggalan, konektivitas GPS juga diberikan sebagai navigasi saat pengguna Oppo A31 mencari lokasi atau sebagai navigasi GPS saat berpergian.

Berlanjut ke bagian kamera, sudah disediakan kamera utama berlensa 8 Megapixel dengan aperture F/2.2, Led Flash, dan Autofocus. Kualitas kameranya cukup maksimal disaat anda mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video beresolusi Full HD 1080p. Kemudian untuk kamera depannya, dilengkapi lensa 5 Megapixel untuk menghasilkan foto selfie lebih tajam dan jernih, dibandingkan kamera depan Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2 yang masih menggunakan lensa 2 Megapixel.

Walaupun kameranya berhasil mengungguli rivalnya, namun dari sebagai baterai tergolong masih kalah. Oppo hanya menyediakan baterai Li-Ion berukuran 2000 mah, yang memiliki waktu bicara selama 7 jam, dan standby mencapai 240 jam. Kemungkinan Oppo menutupi kekurangna tersebut dengan fitur Rapid Charging seperti yang dimiliki Oppo Mirror 3, dengan tujuan mempercepat pengisian daya baterai dengan waktu 90 menit dari kondisi baterai 0% mencapai 100 %.  Lalu sebenarnya berapa harga Oppo A31 tersebut ?

Advertisement

Berapa Harga Oppo A31 ?

Harga Oppo A31

Harga Oppo A31

Oppo membanderol produknya dengan harga $160 atau sekitar 2 Juta Rupiah. Harga Oppo A31 tersebut hanya berlaku untuk pasar China, dan untuk sementara ini belum ada kabar apakah Oppo akan merilisnya secara global termasuk ke Indonesia. Persaingan smartphone di China memang sangat ketat, sehingga mengharuskan Oppo berani membuat smartphone murah dengan spesifikasi canggih seperti Oppo A31. Namun kemungkinan harga Oppo A31 tersebut tak akan berlaku, seandainya ponsel ini dipasarkan di Indonesia

Harga Baru $160
Harga Bekas
Harga Terbaru Harga Handphone Oppo

Harga HP Oppo di Indonesia memang cukup mahal, bahkan setara dengan vendor global sekelas Samsung, LG, dan Sony. Kualitas yang mereka tawarkan memang cukup sebanding dengan harga yang dibanderolnya, terlebih Oppo sudah didukung service center yang merata diseluruh Indonesia, jauh lebih unggul dari vendor asal Tiongkok lainnya. Jadi kita beraharap saja ponsel ini bisa dirilis di Indonesia, dan semoga nantinya harga Oppo A31 di Indonesia, bisa dibanderol sama murahnya dengan di China

Advertisement